Rabu, 29 Agustus 2012

100% BERUBAH



Ini kisah kampung halamanku yang telah berubah 100%  seiring dengan bergantinya detik,menit,jam,hari,bulan dan tahun juga seiring  makin tuaNya bumi ini....TerIngat kenangan, waktu masih kecil dulu. kampungKu benar2 masih indah,asri dan nyaman, waktu masih SD saja, pulang sekolah pasti sudah tidak kepanasan lagi karna disepanjang jalan selalu ada pohon yang rindang dan melindungi kami dari terikNya mata hari siang. TAPI sekarang sudah jarang sekali ditemui pohon-pohon penuduh para anak sekolah.  Dulu polusi udara tidak pernah tercemari karna dulunya orang hanya mengunakan sepeda sebagai alat transportasi kekebun.. Tapi sekarang lihatLah wahai kawan.... setiap rumah dikampung pasti memiliki 2 atau 1 buah mobil dan motor ,Trus apa kampungku masih disa dibilang kampung yang asri dan sejuk ? “TIDAK” karna suara motor dan mobil terdengar dimana-mana. Yang paling menyenangkan waktu saya masih kecil dulu yaitu setiap hari jum’at pasti ada acara gotong royong diLapangan dimana semua warga desa Lara Utama akan berkumpul untuk membersikan lapangan sepak bola.tapi sekarang tradisi itu tiba-tiba hilang begitu saja.. ini dikarenakan telah munculNya alat pemotong rumput yang mudah dan praktis, berlanjut tahunnya rumah para penduduk  dikampung pada berubah yang dulunya rumah panggung yang terbuat dari kayu dan sekarang rumahnya rata-rata rumah Batu dan makin mewah. Dulu saat, saya masih SD dan SMP pacar-pacran itu sangat asing bagi kami..Tapi sekarang Anak SD dikampugku  sudah pada pacaran “ hemm benar-benar luar biasa “ dikampung dulunya kalau kesekolah pasti jalan kaki atau kalau tidak naik sepeda .TapI sekarang 99 % anak SD,SMP dan SMA sudah pada naik motor kesekolah  “ bagaimana tidak mencemari udara kalau sudah begini”. Satu hal lagi Saat itu aku melanjutkan SMA diMalili dan bila saya pulang kampung.Tiba-tiba saya terkaget kampung sudah diaspal jalanNya , beberapan tahun kemudian penebangan pohon dijalan terjadi lagi, kali ini kata pemerintan listrik akan masuk dikampung tahun berikutnya perubahan dikampung terjadi lagi, ada tower yang dibagun dikampung, “akhirnya sinyal HP sudah ada “ dan masih banyak lagi perubahan –perubahan itu, perubahan dikampung halamanKu. 
 
Oh Yah............. asal tau aja ! aku bukan orng yang tidak suka adanya sebuah perubahab. Aku benar-benar suka yang namaNya perubahan.. apa lagi mengenai kemajuan kampung saya. saya benar-benar mendukung perubahan itu , ASALkan ciri khas kampung kita tidak ikut berubah-rubah juga... aku tidak suka kalau sikap gotong royong para penduduk tiba-tiba berubah, sifat saling menolong,membantu berubah, aku juga tidak suka kalau keasrian kampungKu tiba-tiba berubah.

Aku mencintaiMu  wahai tanah kelahiranku, aku membangakanNya....wahai kampung halamanku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar